Analisis Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas NasabahKoperasi Simpan Pinjam Mitra Karya Desa Karanggeneng Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang

Authors

  • Kharisma Nawang Sigit UNIVERSITAS SELAMAT SRI Author
  • Devi Dwi Kurniawan UNIVERSITAS SELAMAT SRI Author
  • Rahul Bhandari JINDAL GLOBAL UNIVERSITY Author
  • Mohamad Saufi Che Rusuli Univeristy Malaysia Kelantan Author

DOI:

https://doi.org/10.51792/87skk154

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kepuasan, Loyalitas

Abstract

Analisis Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas 
Nasabah Koperasi Simpan Pinjam Mitra Karya Desa 
Karanggeneng Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan 
dan kepuasan terhadap loyalitas nasabah Koperasi Simpan 
Pinjam Mitra Karya Desa Karanggeneng. Penelitian ini 
menggunakan pendekatan kuantitatif. Dimana pendekatan ini 
menekankan analisisnya pada data-data numeral (angka) yang 
diolah dengan statistika. Dengan metode kuantitatif akan 
diperoleh signifikasi hubungan antara variabel yang diteliti. 
Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah nasabah yang 
terdaftar di Koperasi Simpan Pinjam Mitra Karya. Metode pada
penelitian menggunakan incedental sampling, total sampel 
penelitian ini adalah 95 nasabah. Pengujian hipotesis ini 
menggunakan regresi linier berganda. Hasil dalam penelitian 
menunjukkan bahwa secara parsial Kualitas Pelayanan 
berpengaruh positif terhadap loyalitas nasabah dengan nilai t 
hitung sebesar 3,165 dan tingkat signifikansi sebesar 0,02. 
Kepuasan secara parsial juga berpengaruh positif terhadap 
loyalitas nasabah dengan nilai t hitung sebesar 5,188 dan tingkat 
signifikansi sebesar 0,00. Secara simultan Kualitas pelayanan 
dan kepuasan berpengaruh positif terhadap loyalitas nasabah 
dengan nilai F hitung sebesar 27,716 dan signifikansi 0,000

Downloads

Published

2022-04-01