Pengaruh Karakteristik Pekerjaan Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Guru Dengan Moderasi Modal Sosial(Studi pada Guru SD Korwil Bidang Pendidikan Tegal Timur Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal)
Keywords:
Karakteristik Pekerjaan, Kompetensi, Modal Sosial dan Kinerja GuruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh
Karakteristik Pekerjaan Dan Kompetensi Terhadap
Kinerja Guru Dengan Moderasi Modal Sosial. Dalam
penelitian ini populasinya adalah Guru Sekolah Dasar
di wilayah Koordinator Wilayah Pendidikan Tegal
Timur Kota Tegal sejumlah 277 guru yang tersebar
pada 45 Sekolah Dasar. Teknik pengambilan sampel
dalam penelitian ini adalah purposive proportional
random sampling. Sampel ini diambil dari 45 Sekolah
Dasar, Setiap Sekolah Dasar diambil 3 sampel.
Pengukuran menggunakan skala likert 7 (tujuh)
alternatif jawaban. Uji instrumen yang digunakan
adalah uji validitas dan reliabilitas. Sedangkan uji
model yang digunakan adalah koefisien determinasi
dan uji F (Goodnes of Fit). Uji hipotesis dalam
penelitian ini menggunakan analisis regresi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan
sebagai berikut: (i) Karakteristik Pekerjaan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja
Guru, (ii) Kompetensi berpengaruh positif dan
signifikan terhadap Kinerja Guru, (iii) Modal Sosial
memoderasi pengaruh Karakteristik Pekerjaan
terhadap Kinerja Guru, dan (iv) Modal Sosial
memoderasi pengaruh Kompetensi terhadap Kinerja
Guru