Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Toko Sembako Ibu Sarkiyah Kecamatan Cepiring)

Authors

  • Ratna Desi Dwi Astatik Universitas Selamat Sri Author

DOI:

https://doi.org/10.51792/p1qc3x08

Keywords:

Kualitas pelayanan, kualitas produk, kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisisdan memperoleh 
bukti tentang Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, dan 
Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Toko 
Sembako Ibu Sarkiyah Kecamatan Cepiring). Kualitas Pelayanan, 
Kualitas Produk, dan Kepuasan Pelanggan merupakan kombinasi tiga 
variable independent yang dapat berpengaruh terhadap Loyalitas 
Pelanggan. Pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner 
dengan memberikan kuesioner kepada 100 responden pelanggan Toko 
Sembako Ibu Sarkiyah. Penentuan sampel menggunakan Sampel Acak 
Sederhana (Simple Random Sampling) menggunakan rumus 
Lemeshow. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini 
adalah metode kuantitatif menggunakan uji regresi linier berganda. 
Hasil penelitian menunjukan pengujian secara parsial bahwa variabel 
kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas 
pelanggan dengan nilai thit > ttab (3,252 > 1,984) dengan nilai 
signifikasi 0.002 < 0.05. pada pengujian variabel kualitas produk 
secara parsial bahwa variabel kualitas produk tidak signifikan 
terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai thit < ttab (0,259 < 1,984) 
dengan nilai signifikasi 0.769 > 0.05

Downloads

Published

2024-11-30