Analisis Strategi Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk UMKM

  • Deddy Sulestiyono Universitas Diponegoro
  • Maya Aresteria Universitas Diponegoro
  • Radya David Arnawa Radiktya Universitas Diponegoro
  • Rosyadah Fairuz Hitotsu Universitas Diponegoro

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yaitu mixed antara kualitatif dengan kuantitatif, dengan menggunakan Teknik analisis data Importance-Performance Analysis untuk mengetahui index kepuasan pelanggan dari pelayanan Pemancingan dan Resto Jowo Deles Semarang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan metode accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada strategi kualitas produk seperti melakukan survei produk-produk tambahan potensial, uji coba produk potensial, penambahan produk potensial, inovasi produk. Sedangkan pada strategi kualitas layanan yaitu kenyamanan tempat menjadi perhatian penting oleh konsumen, kecepatan para pramusaji dalam mengerti kebutuhan konsumen sehingga memudahkan konsumen serta konsumen akan merasa nyaman dengan layanan yang diberikan. Selain itu, konsumen juga menginginkan fasilitas seperti kemudahan dalam bertransaksi seperti penggunaan mesin EDC, layanan digital seperti Gopay, OVO, Dana, dan sebagainya.

Published
2022-04-30