The Effect of E-Trust On Continuance Intention on the ShopeePay Platform

  • Shifa Febrillia Nurjanah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Alven . Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Abdul Yusuf Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: Continuance Intention, E-Trust, Fintech,, ShopeePay, SPSS, Online Payment System.

Abstract

Revolusi industri 4.0 memungkinkan masyarakat untuk melakukan pembayaran menggunakan perangkat mobile yang disebut sebagai mobile payment, dan kepercayaan merupakan hal yang sangat penting agar konsumen dapat membeli atau menggunakan sesuatu secara berulang. Continuance Intention adalah tingkat kekuatan niat individu untuk melakukan pembelian berulang melalui aplikasi financial mobile. Saat ini Financial Technology berkembang sangat pesat yang meliputi transaksi melalui aplikasi smartphone yang berfungsi untuk mempermudah kehidupan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengukur pengaruh kepercayaan terhadap niat berkelanjutan penggunaan ShopeePay. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan dengan cara penyebaran kuesioner dan pengukuran dilakukan dengan menggunakan skala Likert. Pengumpulan data primer dilakukan melalui sampel sebanyak 60 responden yang pernah menggunakan ShopeePay. Analisis data menggunakan Statistical Package for the Social Sciences dengan aplikasi SPSS 16. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kepercayaan berpengaruh posoitif terhadap niat berkelanjutan penggunaan ShopeePay. Hal ini menunjukan bahwa penyedia sistem pembayaran online harus meningkatkan kepercayaan agar pengguna tetap menggunakan ShopeePay secara berkelanjutan.  

Published
2022-04-30