Mengungkap Kelanggengan UMKM Berbasis Industri Kreatif di Rembang Jawa Tengah

  • Nelly Rafika Nur Intihayah Universitas Semarang
  • Eviatiwi Kusumaningtyas Sugiyanto Universitas Semarang

Abstract

Studi ini dilakukan di salah satu UMKM berbasis industri kreatif di Kabupaten Rembang Jawa Tengah dengan tujuan untuk menganalisis factor pendukung, dan faktor penghambat bagi usaha tersebut untuk bisa langgeng. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melaui wawancara, obeservasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan factor pendukung keanggengan usaha antara lain: inovasi produk, ciri khas/keunikan, promosi, dukungan pemerintah, peluang bisnis yang belum banyak pesaing, kualitas produk, kemasan produk, sertifikasi pangan, harga, tenaga kerja, letak tempat usaha, produk sesuai kebutuhan konsumen. Sedangkan factor penghambar yaitu modal usaha, teknologi produksi, bahan baku, cuaca, produk monoton, masih mengandalkan merek lain. Selanjutnya cara mempertahankan antara lain: membesarkan skala usaha, membuat Inovasi, memiliki ciri khas/keunikan, promosi, peningkatan kualitas produk, membuka lini produk baru, mengikuti kegiatan pelatihan-pelatihan dan kompetisi untuk menambah pengalaman, wawasan dan jejaring sosial.

Published
2022-04-30